STRUKTUR ORGANISASI DAN BISNIS PROSES
Strukur Organisasi menurut
Stephen P Robbins adalah bagaimana tugas dalam pekerjaan dibagi, dikelompokan,
dan dikoordinasi secara resmi. Terdapat 6 elemen kunci ketika mereka merancang
struktur organisasi yaitu spesialisasi, departemenisasi, rantai komando,
rentang kendali, sentralisasi dan desentralisasi, dan formalisasi.
1. Spesialisasi
Pada suatu organisasi setiap karyawan harus
ditempatkan pada bidang yang sesuai dengan kompetensinya. Spesialisasi
diperuntukan untuk hal tersebut.
2. Departemenisasi
3. Rantai
Komando
Rantai Komando adalah garis wewenang yang tidak
terputus yang meluas dari puncak organisasi ke eselon terendah dan menjelaskan
siapa yang melapor kepada siapa.
4. Rantai
Kendali
Rentang kendali sangat penting karena sangat
menentukan jumlah tingkatan yang dimiliki oleh suatu organisasi.
5. Sentralisasi
dan Desentralisasi
Sentralisai mengacu pada sejauh mana pengambilan
keputusan terkonsentrasi pada satu titik dalam organisasi. Misalnya dalam
memutuskan manajerlah yang membuat suatu keputusan dalam semua hal.
6. Formalisasi
mengacu pada sejauh mana pekerjaan dalam organisasi
distandarisasikan. Dengan dibentuknya formalisasi diharapkan karyawan dapat
menangani input yang sama dengan cara yang persis sama dan diharapkan dapat
menghasilkan output yang konsisten. Hal
tersebut dapat terjadi ketika organisasi memiliki standarnya masing – masing.
Structur
Organisasi by Huczynski, Andrzej A.
Menurut Huczynski Andrzej A. menyatakan ada dua kelas pekerjaan yaitu line employee dan staf
employee. dimana pengertian dari line employee adalah seseorang yang
berkontribusi secara langsung pada penyediaan barang atau jasa kepada
pelanggan. Sedangkan Staff employee adalah individu yang berkontribusi secara
tidak langsug pada penyediaan barang ataupun jasa, seperti penasehat perusahaan
individu yang menggunakan kemampuanya untuk mendukung kinerja line employee.
Menurut Mathias Weske (2007)
proses bisnis adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan dalam koordinasi
dalam lingkungan organisasi. aktivitas ini secara bersamaan mewujudkan tujuan
bisni. Setiap proses bisnis dilakukan oleh satu organisasi.
Refrensi
Robbins, S. P., Judge, T. A.
(2013). Organizational Behavior. Pearson
Education.
Weske, Mathias. (2007). Business Process Management: Concepts,
Languages, Architectures.
Huczynski, Andrzej A.,
Buchanan, David A. (2013). Organizational
Behaviour.
Komentar
Posting Komentar