STRUKTUR ORGANISASI DAN BISNIS PROSES

Strukur Organisasi menurut Stephen P Robbins adalah bagaimana tugas dalam pekerjaan dibagi, dikelompokan, dan dikoordinasi secara resmi. Terdapat 6 elemen kunci ketika mereka merancang struktur organisasi yaitu spesialisasi, departemenisasi, rantai komando, rentang kendali, sentralisasi dan desentralisasi, dan formalisasi.
1.      Spesialisasi
Pada suatu organisasi setiap karyawan harus ditempatkan pada bidang yang sesuai dengan kompetensinya. Spesialisasi diperuntukan untuk hal tersebut.
2.      Departemenisasi
3.      Rantai Komando
Rantai Komando adalah garis wewenang yang tidak terputus yang meluas dari puncak organisasi ke eselon terendah dan menjelaskan siapa yang melapor kepada siapa.
4.      Rantai Kendali
Rentang kendali sangat penting karena sangat menentukan jumlah tingkatan yang dimiliki oleh suatu organisasi.
5.      Sentralisasi dan Desentralisasi
Sentralisai mengacu pada sejauh mana pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik dalam organisasi. Misalnya dalam memutuskan manajerlah yang membuat suatu keputusan dalam semua hal.
6.      Formalisasi
mengacu pada sejauh mana pekerjaan dalam organisasi distandarisasikan. Dengan dibentuknya formalisasi diharapkan karyawan dapat menangani input yang sama dengan cara yang persis sama dan diharapkan dapat menghasilkan output yang konsisten.  Hal tersebut dapat terjadi ketika organisasi memiliki standarnya masing – masing.

Adapun sebagai berikut contoh Simple Structure dari Stephen P Robbins


Structur Organisasi by Huczynski, Andrzej A.

Menurut Huczynski Andrzej A. menyatakan ada dua kelas pekerjaan yaitu line employee dan staf employee. dimana pengertian dari line employee adalah seseorang yang berkontribusi secara langsung pada penyediaan barang atau jasa kepada pelanggan. Sedangkan Staff employee adalah individu yang berkontribusi secara tidak langsug pada penyediaan barang ataupun jasa, seperti penasehat perusahaan individu yang menggunakan kemampuanya untuk mendukung kinerja line employee.
Menurut Mathias Weske (2007) proses bisnis adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan dalam koordinasi dalam lingkungan organisasi. aktivitas ini secara bersamaan mewujudkan tujuan bisni. Setiap proses bisnis dilakukan oleh satu organisasi.













Refrensi
Robbins, S. P., Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. Pearson Education.
Weske, Mathias. (2007). Business Process Management: Concepts, Languages, Architectures.
Huczynski, Andrzej A., Buchanan, David A. (2013). Organizational Behaviour.

Komentar

Postingan Populer